Agama Hindu = Agama Bumi

OM SWASTYASTU

Saya mengatakan Agama Hindu adalah "AGAMA BUMI' bukan dengan pengertian sebagaimana disampaikan oleh berbagai tulisan umat lain terhadap Agama Hindu. Agama Hindu adalah "AGAMA BUMI' karena menurut saya, Agama Hindu memberikan banyak penjelasan tentang hidup dan kehidupan, tentang alam semesta, tentang jiwa, tentang sosial, tentang berbagai hal tanpa mendasarkan pada pengertian dari satu golongan. Belum pernah saya membaca bahwa beragama Hindu harus seperti di India, dan kenyataannya beragama Hindu di dunia ini terdiri dari berbagai macam jalan dan bentuk tanpa menyatakan jalan atau bentuk dari satu golongan adalah paling baik. Yang menentukan adalah kulitas dari pelaksana jalan itu. Hal ini menunjukkan agama Hindu bisa diterima siapa saja. Ini salah satu contoh bahwa agama Hindu adalah "AGAMA BUMI'.

Satu hal lagi bahwa agama Hindu mengajarkan bahwa manusia bukan mahkluk yang paling sempurna dan alam bukan diciptakan untuk kepentingan manusia saja. Hal tersebut membuat kita sebagai manusia harus bisa menghargai alam sehingga jika kita lihat upacara umat Hindu dari suku tertentu nampak ada canang/banten yang diletakkan di pinggir sumber air, pinggir hutan, dan lain-lain. Pelaksanaan tersebut sebagai wujud umat Hindu menghargai alam, bukan menyembahnya. itulah mengapa agama Hindu bisa membumi karena menempatkan ajaran agama dan pelaksanannya (manusia) tidak dalam posisi paling atas, apalagi di atas umat lain tapi merupakan bagian dari perputaran alam, sehingga kita sebagai umat Hindu diingatkan untuk tidak pongah, tapi selalui membumi. Tapi mengapa agama Hindu, khususnya di Indonesia kelihatannya mudah didesak oleh umat lain ? Kesadaran beragama Hindu yang mungkin perlu dikembangkan. Bahwa agama Hindu memang tidak sama dengan agama lain jadi tidak perlu dipaksakan mencari persamaan, seperti harus ada nabi, harus ada kewajiban bersembahyang sekian kali, harus mempunyai pakaian ibadah tertentu, dan lain-lain. Bahwa agama Hindu punya cara tersendiri dalam beribadah, bahwa agama Hindu punya banyak penjelasan tentang berbagai pertanyaan dalam kehidupan. Bahwa agama Hindu tidak menyandarkan jawaban pada satu jawaban yaitu "Itu sudah ditentukan Tuhan jadi harus diikuti tanpa pertanyaan lagi". Agama Hindu mengajak kita untuk selalu berpikir bahwa semua ada penjelasan. Masih banyak yang ingin saya sampaikan untuk menggugah kesadaran, namun tempat menulis yang terbatas.

Semoga damai di dunia, damai di hati, dan damai selalu

(diambil dari www.cyberdharma.net)

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus